Sunday, 16 October 2011 00:03

Misi Bebaskan TKI, Satgas Bertolak ke Saudi

Written by 
Rate this item
(0 votes)

VIVAnews - Satuan Tugas Tenaga Kerja Indonesia berangkat ke Arab Saudi hari ini, Kamis, 14 Juli 2011. Satgas TKI ke Arab Saudi guna meminta pengampunan bagi sejumlah TKI yang terancam hukuman mati. "Tim Satgas TKI baru berangkat Kamis sore ke Arab Saudi," kata Juru Bicara Satgas TKI Humphrey Djemat kepada VIVAnews.


Satgas TKI, kata Humphrey, akan bertemu dengan berbagai pihak. Agenda pertemuan dengan pihak kerajaan Arab Saudi pun sudah dijadwalkan. Yaitu membahas pengampunan bagi TKI yang terancam hukuman mati.

Sebelumnya, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar menegaskan bahwa tim dari Kemenakertrans telah berada di Arab Saudi untuk membicarakan negosiasi masa moratorium yang efektif pada 1 Agustus 2011 mendatang. "Kami juga melakukan negosiasi upaya perlindungan TKI di Arab Saudi," ucap Muhaimin.

Media Arab Saudi, Arab News, melansir empat nama Warga Negara Indonesia yang menghadapi eksekusi mati. Mereka adalah Siti Zaenab, Satinah binti Jumadi Ahmad, Aminah binti Hajibudim dan Darmawati binti Taryani.

Zaenab dan Satinah divonis mati setelah dinyatakan bersalah membunuh orang yang mempekerjakannya. Sedangkan, Aminah dan Darmawati dinyatakan bersalah atas kasus pembunuhan dan mutilasi yang dilakukan terhadap TKI lain.

Selain itu, terdapat pula nama Sumartini, yang masih dalam proses pengadilan dan mendeka di penjara Malaaz. Sumartini diperkarakan atas tuduhan menggunakan ilmu sihir untuk melenyapkan anak majikannya yang baru berusia 17 tahun, bernama Tisam. Namun pihak keluarga yakin, Sumiarti mengaku dengan terpaksa. Ia dipukul, dibawa ke padang pasir, ditanam sampai sebatas leher.
• VIVAnews

Read 1070280 times Last modified on Sunday, 16 October 2011 00:28

Asosiasi Advokat Indonesia

 
Slogan : Membangun Advokat Pejuang

 

Sekretariat :

The Bellagio Residence & Mall
Unit OG-30
Jl. Mega Kuningan Barat Kav. E
Kuningan Timur – Setiabudi
Jakarta Selatan 12950
 

E-mail: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Login Anggota